Kamis, 02 Agustus 2012

Tips Menyiasati Webcam


WebCam adalah perangkat wajib di komputer, yang tentu saja memudahkan kita dalam melakukan video konferensi maupun panggilan video kapanpun dan di manapun. Bisa menggunakan aplikasi tertentu seperti YM (yahoo massenger), Skype dll.



Sayangnya kemudahan mengaplikasikan webcam  sering kali tidak didukung  oleh kualitas perangkat tersebut. keterbatasan resolusi built-in pada webcam sering menjadi masalah, umumnya built-in webcam memiliki resolusi  sekitar 352 x 288, 640 x 480 dan 1MP sehingga kualitas gambar yang di hasilkan kurang memuaskan.

Untuk mendapatkan kualitas Wabcam yang optimal, perhatikan beberapa hal berikut :

1.                   Sumber Cahaya
Sumber cahaya indoor umumnya di dapatkan melalui cahaya ruangan. Penggunaan cahaya dengan lampu neon memang menghasilkan penerangan ruangan yang baik akan tetapi peletakan yang tidak fokus mengarah ke objek, justru membuat tampilan objek menjadi kusam dan pudar. untuk memaksimalkan webcam sebaiknya gunakan penerangan yang lebih natural,seperti lampu bohlam yang dapat di atur posisinya mengarah ke objek.

2.                  Latar Belakang
Latar belakang sangat menentukan tampilan gambar. Di anjurkan untuk memilih  latar belakang dengan warna yang solid. bisa pilih warna yang gelap atau yang terang, keduanya bisa memperkuat tampilan gambar. hindari peletakan objek pada latar belakang yang menimbulkan refleksi pada Webcam atau layar monitor.

3.                  Sinar Dari Layar
Refleksi pada gambar sangat di tentukan oleh pengaturan cahaya dari layar monitor. pengaturan brightness yang terlalu terang akan terpantul ke wajah sehingga membuat hasil gambar dari webcam menjadi pudar dan kusam.

4.                  Koneksi Internet
Komunikasi dengan video membutuhkan koneksi dengan bandwidth besar. Ini khususnya untuk perangkat yang telah dilengkapi kamera resolusi tinggi. Semakin tinggi resolusi yang di gunakan bandwidth yang di butuhkan juga semakin besar.

Ok sekian saja sedikit tips yang sangat sederhana ini semoga bermanfaat...:D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar